Rancang Bangun Jaringan MATERI QUEUE

MATERI QUEUE


Di postingan ini, kita akan mempelajari tentang tata cara pembuatan Simple Queue pada router winbox mikrotik. Sebelumnya, kita perlu tau dulu apa itu Simple Queue.  

Queue adalah merupakan cara termudah untuk melakukan management bandwidth yang diterapkan pada jaringan skala kecil sampai menengah untuk mengatur pemakaian bandwidth upload dan download tiap user.
Setelah kita tau apa itu Simple Queue, mari kita pelajari bagaimana cara membuat limit Bandwith semua user dengan Mikrotik.


1. Pertama, buka winbox dan klik Queues.
Sebelum kita mulai membatasi Bandwidth internet dengan mikrotik, pastikan dulu berapa Bandwidth Internet yang anda dapat dari ISP yang anda pakai. Sehingga nantinya nilai Bandwidth yang dilimit tidak melebihi alokasi Bandwidth dari ISP. Misalnya bandwidth dari ISP sebesar 1 Mbps, maka limit bandwidth nya diset lebih kecil atau sama dengan 1 Mbps.


2. Untuk menambahkan Simple Queue baru klik tombol +, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut.
Anda dapat mengisis Target Address dengan IP address tertentu yang ingin anda batasi Bandwidth nya, misal 192.168.100.0/24. Dari gambar di atas bisa dilihat untuk Target Address kosong, ini berarti konfigurasi limit Bandwidth ini berlaku untuk semua alamat IP. Untuk bagian max limit, isi sesuai dengan kecepatan bandwith anda.



3. Setelah selesai, kita beralih ke tab advanced. Silahkan masukkan nilai Limit At nya. Limit At adalah alokasi bandwidth trendah yang bisa didapatkan oleh user jika traffic jaringan sangat sibuk. Seburuk apapun keadaan jaringan, user tidak akan mendapat alokasi bandwidth dibawah nilai Limit At ini. Jadi Limit At ini adalah nilai bandwidth terendah yang akan didapatkan oleh user. Nilai nya terserah anda mau diisi berapa Misalnya diisi upload 128kbps download : 512kbps.

Setelah selesai, anda bisa lihat di simple queue list bahwa anda telah berhasil membuat simple queue.



Komentar